Pages

Friday, September 16, 2011

[ DNS Flush ]

Pada Microsoft Windows , gunakan perintah ipconfig / flushdns untuk flush cache DNS resolver. Buka command prompt dan ketik berikut:
C:>ipconfig /flushdns
Windows IP Configuration
Successfully flushed the DNS Resolver Cache .

Perintah di atas benar-benar akan flush DNS, menghapus setiap entri yang salah juga. Perintah, ipconfig / displaydns juga dapat digunakan untuk melihat cache penyelesai DNS.

Mematikan DNS Caching bawah Microsoft Windows

Jika pengguna mengalami masalah dengan DNS caching sering di bawah Microsoft Windows, mereka dapat menonaktifkan client-side caching DNS dengan salah satu dari dua perintah:

net stop dnscache
sc servername stop dnscache

Ini akan menonaktifkan caching DNS sampai reboot berikutnya. Untuk membuat perubahan permanen, gunakan alat Pengontrol Layanan atau alat Layanan untuk menetapkan jenis layanan Klien DNS startup ke Dinonaktifkan. Dalam rangka untuk secara permanen menonaktifkan DNS Client, ikuti langkah berikut:
  • Go to Start dan klik Run.
  • Ketik Services.msc di kotak perintah Run.
  • Sebuah jendela daftar semua layanan akan muncul. Pencarian untuk layanan yang disebut DNS Client.
  • Dobel klik service DNS Client terdaftar dan klik Stop. Demikian pula, restart dengan mengklik Start.

Tuning DNS Caching bawah Microsoft Windows

Pengguna dapat memodifikasi perilaku dari algoritma caching Microsoft Windows DNS dengan pengaturan dua entri registri pada kunci registri HKEY_LOCAL_MACHINESYSTEMCurrentControlSetServicesDnscacheParameters.
MaxCacheTtl mewakili waktu maksimum yang hasil lookup DNS akan di-cache untuk. Nilai default adalah 86.400 detik. Jika nilai ini disetel ke 1, entri DNS hanya akan di-cache untuk kedua tunggal.
MaxNegativeCacheTtl merupakan waktu maksimum yang dihasilkan lookup DNS gagal itu akan di-cache untuk. Nilai default adalah 900 detik. Jika nilai ini disetel ke 0, gagal DNS lookup tidak akan di-cache.

DNS di Mac OSX

Pada Mac OSX Leopard, perintah dscacheutil-flushcache flushes cache DNS resolver:
bash-2.05a$ dscacheutil -flushcache
Di Mac OSX 10.5.1 versi dan sebelum, perintah lookupd-flushcache melakukan tugas yang sama:
bash-2.05a$ lookupd -flushcache

No comments: