Pages

Friday, September 16, 2011

[ Apa itu Server TFTP? ]

Sebuah transfer Trivial File Protocol (TFTP) server didasarkan pada transfer Api sederhana Protocol ( FTP ) yang pertama kali didefinisikan pada tahun 1980. TFTP buku router dan komputer lain yang tidak memiliki perangkat penyimpanan. Hal ini juga transfer file kecil antara dua atau lebih host jaringan komputer seperti transfer dimulai pada sebuah terminal jarak jauh X Window System. TFTP server juga didasarkan pada protokol EFTP tradisional yang merupakan bagian dari alat suite protokol PUP dan biasanya salah satu protokol pertama kali digunakan pada jenis host baru. TFTP server menggunakan UDP wakil TCP paket datagram untuk komunikasi jaringan.

TFTP Fakta

TFTP server menggunakan port UDP 69 untuk protokol transport mereka, yang membantu untuk menghindari konflik dengan protokol FTP yang menggunakan TCP port 21. Layanan ini mampu otentikasi enkripsi sendiri,, dan isi daftar direktori. Tujuan utama protokol TFTP adalah untuk membaca atau menulis file ke sebuah remote server dan mendukung oktet, netascii, dan mode mail transfer, meskipun modus transfer email yang jarang digunakan dalam lingkungan jaringan saat ini. TFTP protokol asli definisi memiliki batas 32 MB untuk transfer file. Hal ini berubah pada tahun 1988 untuk memungkinkan ukuran file maksimum 4 GB, yang jarang digunakan. Karena kurangnya keamanan yang melekat dalam protokol TFTP, server TFTP jarang digunakan melalui Internet terbuka, dan sebagai gantinya digunakan pada jaringan lokal atau swasta.

Bagaimana cara TFTP bekerja ?

TFTP dimulai ketika memulai sebuah host mengirimkan permintaan membaca atau menulis data paket ke host melalui port TFTP 69 yang berisi modus transfer dan nama file. Server kemudian mengirimkan sebuah paket acknowledgement dan kemudian paket data ke RRQ tersebut. Paket dikirimkan dari sebuah port baru dialokasikan yang kemudian digunakan untuk sisa sesi. Sumber host kemudian mengirimkan nomor paket data bahwa semua blok penuh berisi 512 byte ke tujuan. Host tujuan kemudian menjawab dengan paket pengakuan untuk semua paket data yang dikirim. Paket data akhir akan berisi kurang dari 512 byte penuh, menandakan bahwa itu adalah akhir transmisi. Jika ukuran file terjadi menjadi sama dengan kelipatan dari 512, paket data akhir akan dikirim dengan 0 byte. Jika pengakuan tidak diterima untuk setiap paket data yang dikirimkan, maka informasi tersebut akan dipancarkan kembali.

TFTP Ekstensi

TFTP protokol yang diimplementasikan server TFTP awalnya memiliki batas ukuran file 32 MB. Batas kemudian meningkat menjadi 4 GB serta fitur blok-ukuran dan pilihan negosiasi. Ukuran file untuk transfer data juga dapat meningkat jika kedua server TFTP dan dukungan klien membungkus memblokir nomor sekitar. Namun, server TFTP yang masih diperlukan untuk memberikan dukungan mereka sendiri transportasi dan sesi sejak protokol menggunakan paket UDP datagram.

No comments: