Pages

Sunday, September 18, 2011

[ Cara Mengganti Themes Pada PHP-Fusion ]

ebelum mengganti Themes pada php-fusion, anda terlebih dahulu tahu versi berapakah php-Fusion yg anda gunakan. untuk mengetahuin versi php-fusion yang digunakan silahkan anda login menjadi administrator dan lihatlah gambar dibawah ini.

Mengganti Themes Pada PHP-Fusion

Versi yang saya gunakan adalah v6.01.15 setelah mengetahui versi PHP-Fusion yang anda gunakan carilah theme dengan versi yg cocok dengan PHP-Fusion yang ada gunakan contoh di bawah ini saya akan mengganti theme yang saya download dari http://themes.php-fusion.co.uk sebelum anda mendownload theme perhatikan terlebih dahulu compability-nya. gambar dibawah ini adalah contoh informasi theme yg akan saya download.

Mengganti Themes Pada PHP-Fusion

Pada gambar diatas terlihat jelas bawah compability theme tersebut adalah 6.01.x yang artinya theme tersebut bisa digunakan oleh php-fusion dengan versi v6.01.15 paham kan??? jika anda menggunakan PHP-Fusion versi v6.01.15 dan anda mendownload themes dengan compability v7.0 tentu saja tidak akan cocok, dan bisa menimbulkan error, walaupun bisa tentu situs anda menjadi tidak stabil, ada beberapa menu yg tidak dapat digunakan.
Setelah anda mendownloadnya maka file tersebut akan di compress kedalam format .zip dan anda harus mengekstraknya file kemudian mengupload theme tersebut ke tempat anda  menaruh file-file website anda (baca:webhosting) dan upload theme yg tadi anda download kedalam direktori /public_html/themes, yang perlu anda perhatikan adalah apa yg harus anda upload, bingung?? ok akan saya berikan penjelasan selengkap-lengkapnya deh..

Tadi saya mendownload theme dengan nama "Passionate Desires Under Purple Moonlight[87]" yang saya letakkan di drive C:\ setelah saya mengextracknya tentu ada penambahan folder di drive C:\ dengan nama themes. yang mana yg harus saya upload? perhatikan gambar berikut.

Mengganti Themes Pada PHP-Fusion

Ket :

1. adalah theme yg saya download dalam bentuk zip

2. direktori themes ada setelah saya meng-extract themes yg tadi saya download dalam bentuk zip.

3. isi dari direktori themes dan inilah yang harus anda upload kedalam webhosting anda di direktori /public_html/themes

Untuk proses menguploadnya tidak akan saya bahas, karna sudah saya bahas dalam ebook "Cara mudah membuat web menggunakan PHP-Fusion " setelah anda mengupload seluruh isi dari direktori themes maka pada webhosting harus terlihat seperti ini.

Mengganti Themes Pada PHP-Fusion

Setelah anda berhasil menguploadnya, bukalah situs anda, dan loginlah menjadi super administrator, pilih menu System Admin dan pilih Main Setting, ganti Site theme dengan theme yg tadi anda download dan klik tombol Save Settings.

Mengganti Themes Pada PHP-Fusion

Hasilnya kurang lebih seperti ini heheheh caranya cukup mudah kan...

No comments: