Pages

Saturday, May 28, 2011

[ Cisco Digugat Falun Gong ]

Falun Gong telah meluncurkan gugatan terhadap Cisco. Mereka menuding perusahaan raksasa teknologi AS itu membangun peralatan yang akan digunakan Pemerintah Cina terhadap lawan-lawannya.

Praktisi Falun Gong, ajaran dan latihan Cina yang dirancang untuk mencapai pencerahan fisik dan rohani, menuduh Cisco memiliki peran penting dalam membangun "Golden Shield", sebuah firewall Internet yang digunakan Pemerintah Cina untuk menyensor web dan melacak pembangkang.

Gugatan yang diajukan di pengadilan Federal di Distrik California menyebut John Chambers, Chief Executive Cisco, dan eksekutif senior lainnya di perusahaan.



"Sebelum menandatangani kontrak untuk merancang Golden Shield, terdakwa tahu bahwa produk dan layanan Cisco dirancang untuk Golden Shield akan digunakan untuk melakukan pelanggaran hak asasi manusia," tulis gugatan yang diajukan oleh Human Rights Law Foundation dan sebuah firma hukum Los Angeles atas nama sejumlah pengikut Falun Gong.

Falun Gong menjadi terkenal di awal 1990-an di Cina dan dijadikan ilegal pada tahun 1999 oleh Pemerintah Cina. Mereka dituduh mengancam stabilitas sosial. Tidak jelas berapa banyak pengikutnya di Cina, dengan perkiraan bervariasi antara 70 juta dan 100 juta.

Cisco, yang merupakan produsen terbesar dunia untuk router dan switch yang digunakan untuk mengatur lalu lintas Internet, pada hari Senin mengatakan bahwa tidak ada dasar bagi tuduhan itu dan bahwa mereka siap membela diri.

source

No comments: