Pages

Wednesday, September 07, 2011

[ walware ]

Hampir semua situs saya terinject malware. Mungkin anda juga tau, ketika anda mencoba mengakses blog saya (dengan mozilla firefox versi 3.5 – atau ke atas) atau menggunakan google chrome, maka anda akan mendapatkan warning/peringatan.

Untuk menghindari dari malware:

1. Scan PC/Notebook anda menggunakan antivirus. Saya sarankan menggunakan MalwareBytes ( http://www.malwarebytes.org/ ) and ComboFix ( http://www.bleepingcomputer.com/combofix/how-to-use-combofix ) untuk meremove malware dari PC/Notebook anda. Segera. Selain itu silakan pilih antivirus terbaik seperti :
-http://housecall.trendmicro.com/
-http://www.bitdefender.com/scan8/ie.html
-http://www.kaspersky.com/virusscanner
-http://support.f-secure.com/enu/home/ols.shtml
-http://www.eset.com
guna melindungi PC/Notebook anda secara sempurna.

2. Update pasword cPanel anda secara regular. usahakan menggunakan pasword yang tidak terbaca, seperti : sklJA$(95*55q29a$#%^&?_SHgSH (susah banget kan?) – hindari yang mudah diingat misalkan tanggal lahir atau nama anda. Karena malware juga bisa disebabkan oleh serangan / inject hacker.

3. Audit account untuk script yang tidak perlu, seperti file Uploaders. Pastikan bahwa jika itu  memang diperlukan bahwasoftware tersebut dilindungi password, atau jika yang tidak layak pastikan software tersebut memeriksa jenis file sebelum mengizinkan meng-upload, untuk mencegah jenis tertentu meng-upload file.

Jika memang situs anda telah terinfeksi malmware, silakan konsultasikan pada pihak hosting anda.
Jika mereka tidak bisa membantu, silakan baca artikel disini :
http://badwarebusters.org/main/itemview/1876
http://www.google.com/support/forum/p/Webmasters/thread?tid=3408dde54e7f4dd9&hl=en
Jangan lupa untuk melaporkan ke google (request for review, agar warning pada site anda akan dilepas oleh google), caranya :

1. Daftarkan situs anda di : http://www.google.com/webmasters/tools/
2. Request review ke google untuk situs anda (pastikan anda sudah membersihkan situs anda dari malware)

No comments: