Pages

Saturday, April 02, 2011

[PKL / Pertolongan Komputer Lelet]

1. Virus
Beberapa hal yang sering dilakukan virus yang dapat memperlambat kinerja komputer adalah meletakkan file-file execution dan menjalankannya tanpa sepengetahuan kita. Proses yang dilakukan oleh file-file virus ini tentu saja memakan resources CPU dan memory. Banyak jenis virus yang membuat duplikat dari sebagian atau bahkan seluruh file kita, sehingga menyebabkan hardisk kita penuh sesak. Hal ini akan menghambat proses reading dan writing pada hardisk. Padahal, setiap kita mengeksekusi komputer kita, selalu terjadi proses reading data dari hardisk.



Jadi, langkah pertama yang harus kita lakukan adalh memeriksa apakah komputer kita terinfeksi virus atau tidak. Cara yang paling mudah tentunya dengan melakukan scanning komputer menggunakan antivirus. Install antivirus dan scan komputer Anda secara menyeluruh. Jangan lupa, pastikan antivirus Anda telah terupdate atau setidaknya memiliki data-data virus terbaru sehingga antivirus dapat megenalinya jika komputer Anda terjangkit virus baru.


2. System berantakan

Saat komputer baru pertama dibeli, file system masih sedikit dan masih tertata rapi karena hard disk belum lama diformat. Namun seiring berjalannya waktu, pengguna sering kali melakukan proses installing dan uninstalling software dan aplikasi. Hal ini menyebabkan file system maupun data tersebar di seluruh ruang hardisk sehingga pada saat file tersebut dibutuhkan untuk suatu proses, system harus menjelajahi seluruh ruang hard disk untuk menemukan dan mengeksekusi file tersebut.

Coba Anda bayangkan, mana yang memerlukan waktu lebih cepat dari kegiatan mengetikkan abjad a b c d e atau mengetikkan abjad q w e r t y pada keyboard komputer? Ya, tentu saja mengetikkan abjad q w e r t y karena keyboard Anda disusun demikian, sedangkan abjad a b c d e tersebar tidak beraturan.
Intinya, Anda harus merapikan kembali file-file pada hard disk komputer untuk mempercepat proses komputasi Anda. Apa yang harus anda lakukan ? hanya ada 1 cara, yaitu Defragment.

3. Kesalahan setting komputer

Tidaklah mudah untuk pemula yang baru membeli komputer untuk menyeting dan menkonfigurasi komputer, terlebih jika komputer tersebut memakai jaringan atau internet, dimana harus membuat workgroup dan komputer name, belum lagi memecah ip.
apabila hal ini tidak dapat diatasi maka kita perlu bantuan seseorang/teman atau orang yang paham betul akan setting komputer.

No comments: